PC GAMES

PC GAMES
free cheat code games

Friday, March 16, 2012

4 Langkah Mudah Atasi Stres Dalam Pernikahan

Jakarta - Banyak orang bilang kalau pernikahan bahagia hanya pada tahun-tahun awal setelah menikah. Namun seiring berjalannya waktu, pekerjaan dan anak kerap kali seringkali menjadi pemicu stres.

"Stres akan mengakibatkan Anda berdua menjadi tidak sabar dan mempertahankan ego masing-masing sehingga sulit memecahkan masalah yang harusnya tidak rumit,” papar Catherine Cohan, P.hD, seorang psikolog di Penn State University, seperti yang dilansir dari Women’s Day. Maka dari itu, ada empat hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres dalam kehidupan ketika menikah. Apa saja?

1. Berempati
Coba Anda rasakan perasaan pasangan. Dengarkan masalah dan keinginan sang suami. Kendalikan diri, serta mengajak pasangan berdiskusi dengan tenang. Keluarkan semua rasa kasih sayang Anda, jangan menuruti ego yang sedang memuncak. "Bantu menenangkan perasaannya dan tidak mengajaknya berdebat. Biarkan suami merasa lebih rileks di samping Anda," tutur Leslie Campis, P.hD, seorang psikolog klinis.

2. Tunjukan Pada Suami Bahwa Anda Mendengar Keluhannya
Jauhkan smartphone dan remote TV ketika pasangan sedang berkeluh-kesah. Fokus dengan apa yang dikatakannya, kalau perlu,
perjelas lagi inti pembicaraan pasangan. Kemudian, pikirkan solusi terbaik atau memberikan saran agar suami lebih tenang. Dengan begitu, pasangan akan merasa dihormati, dihargai, dan dicintai oleh Anda.

3. Menyelesaikan Masalah Bersama-sama
Jika suami sedang menghadapi masalah yang membuatnya stres, coba Anda pelajari perlahan-lahan inti permasalahannya. Daripada hanya duduk manis menunggu suami menyelesaikan masalah tersebut, lebih baik Anda juga mengambil sikap.

Ajak suami untuk memecahkan masalah bersama-sama. Menurut Cheryl Gore-Felton, P.hD, seorang professor klinis dan psikolog di Stanford School of Medicine, "katakanlah pada pasangan, 'Ayo kita selesaikan masalah itu bersama-sama!' daripada hanya mendengarkannya saja".

4. Berikan Sentuhan
Stres atau penat yang dialami dalam rumah tangga mungkin tidak dapat hilang begitu saja, hanya sekedar saling cerita dan mendengarkan. Anda bisa luapkan rasa itu dengan memeluk atau menggandengnya ketika berada di tempat umum.

Hal ini dapat membuat perasaan lebih damai dan dicintai. Tidak hanya Anda, pasangan pun pasti juga merasakannya. "Berkomunikasi dengan saling menyentuh dapat mengurangi stres," ujar dokter Gore-Felton. Ketika sedang berjauhan, kirim email ke pasangan supaya bisa menumbuhkan rasa getaran yang membuat hubungan pernikahan semakin harmonis.

(eya/eny)


News Update

0 comments: